Alami Gejala Susah Tidur di Malam Hari? Coba Ikuti Beberapa Tips Sederhana Berikut Ini!

Berikut tips sederhana dan alami untuk atasi gejala susah tidur. Gejala susah tidur saat malam hari, terkadang dapat menimbulkan masalah bagi banyak orang. Seringkali badan telah dibaringkan, namun mata sulit terpejam dan pikiran terus terjaga.

Akibatnya kita menjadi insomnia dan baru bisa tertidur saat dini hari atau bahkan menjelang subuh. Paginya ketika bangun, tubuh terasa pegal, kepala pusing, dan sedikit demam karena durasi tidur yang hanya sebentar. Jika tidak segera diatasi, kondisi gangguan tidur ini tentunya akan sangat mengganggu kesehatan dan aktivitas.

Dikutip dari Grid.ID dari Kompas.com, gangguan tidur dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko terkena berbagai macam penyakit seperti diabetes tipe 2, obesitas, depresi, hingga penyakit jantung. 1. Tingkatkan paparan sinar matahari Sinar matahari pagi dapat membantu tubuh merangsang produksi hormon melatonin.

Hormon melatonin adalah hormon yang dapat mengatur siklus tidur. 2. Meminimalkan paparan sinar biru Sinar biru adalah spektrum sinar tertentu yang dipancarkan oleh handphone, laptop, tablet, televisi, hingga lampu.

Apabila terpapar sinar ini secara berlebihan dapat mengganggu kesehatan, salah satunya membuat jam biologis tubuh terganggu. Untuk meminimalkan paparan sinar biru, kamu bisa melakukan berbagai cara, diantaranya adalah: Mematikan televisi, handphone, atau sumber cahaya lain minimal 20 menit sebelum tidur

Menggunakan kacamata anti radiasi yang dapat menangkal sinar biru Unduh dan pasang aplikasi yang dapat mengatur paparan sinar biru 3. Tidak dianjurkan untuk tidur siang

Tidur siang dikhawatirkan akan mengurangi kebutuhan tidur pada malam hari. Akibatnya, kamu akan sulit tidur dan sering terjaga hingga larut. 4. Perhatikan asupan makanan

Ternyata, makanan yang kamu makan sebelum tidur juga memengaruhi kualitas tidur. Hindari memakan makanan tinggi karbohidrat minimal empat jam sebelum tidur. Meski mengenyangkan, makanan tinggi karbohidrat dinilai dapat menurunkan kualitas tidur.

5. Buat suhu kamar nyaman Suhu kamar yang panas diyakini dapat membuat kamu tidak nyaman dan sulit untuk tidur. Apabila memungkinkan, atur suhu kamarmu menjadi lebih dingin atau buat senyaman mungkin.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.