FUD adalah? Simak Ulasan Berikut Ini!

Untuk dapat menghindari adanya indormasi yang tidak benar, maka harus melakukan pengendalian emosi menjadi sebuah hal penting yang harus diterapkan dalam berinvestasi. Sementara FUD adalah hal yang juga perlu untuk diwaspadai dengan baik. Karena kadang ada juga modus-modus penipuan yang mengatasnamakan FUD.

Apa itu yang Dimaksud dengan FUD?

FUD kepanjangan dari Fear, Uncertainty, and Doubt. Yang dimaksud disini yaitu FUD adalah strategi yang memiliki tujuan untuk mendiskreditkan nilai dari aset digital, yang mana hal ini dilakukan dengan cara  melakukan penyebaran informasi yang sifatnya adalah salah atau hoax.

Tujuannya adalah memberikan rasa takut kepada orang-orang atau masyarakat. Hasilnya, penyebar berita tidak benar itu akan memperoleh nilai positif berupa keuntungan dari harga rendah. Sedangkan penyebar FUD itu sendiri memperoleh keuntungan dari dua cara. Sementara untuk kedua cara tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Penyebar FUD sudah masuk dalam posisi short. Di sini penyebar telah melakukan peminjaman suatu aset dan menjualnya ke pasar. Saat harganya jatuh, maka penyebar FUD ini bisa membelinya lagi dengan harga yang lebih murah, dimana hal ini bertujuan agar dapat menutupi pinjaman yang dilakukannya. Dnegan begitu, penyebar berita negatif ini akan memperoleh harga yang sangat bagus dan murah.
  2. Penyebar FUD mengetahui suatu aset memiliki kesempatan yang bagus. Akan tetapi, harga pasarnya sudah mengalami kenaikan yang cukup tajam. Dengan melakukan penyebaran berita hoax atau negatif, maka seseorang akan dapat menjatuhkan harga dan membeli aset dengan harga yang cukup murah. 

Itu semua tentu akan sangat menguntungkan bagi pihak penyebar FUD. Pada waktu orang lain kesusahan membeli dengan harga yang lebih mahal. Justru mereka dapat membeli dengan harga murah yang terlampau jauh dari harga yang ada di pasaran.

Sekian sedikit informasi yang dapat kami jelaskan mengenai apa itu yang dimaksud dengan FUD itu sendiri. Perlu diketahuhi bahwa dalam hal ini ada banyak hal menyangkut FUD yang banyak tidak diketahui oleh orang-orang. Salah satunya adalah cara penyebaran berita negatif tersebut. Dan semoga artikel ini bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.