Jangan Sampai Salah, Ini Dia Doa Ziarah Kubur dan Tata Caranya

Sebagai seorang muslim, Anda pasti mendengar atau melaksanakan ziarah kubur. Dalam melakukannya, terdapat doa ziarah kubur yang harus dibacakan. Kegiatan ini bertujuan untuk membersihkan makan sekaligus mendoakan mendiang. Peziarah juga dapat mengingat kematian atau akhirat serta meningkatkan keimanan.

Berziarah dianjurkan oleh Nabi Muhammad sekaligus sudah menjadi tradisi di Indonesia. Umat dapat melakukan kegiatan ini kapan saja. Tetapi, biasanya dilakukan ketika menjelang Bulan Ramadhan, menyambut Idul Fitri, hari Jum’at, peringatan kematian, dan lain sebagainya. Dengan mengerjakan hal ini, maka diharapkan mendatangkan pahala serta kebaikan.

Tata Cara Ziarah Kubur Lengkap dengan Doanya

Orang telah meninggal, seperti keluarga atau saudara membutuhkan doa dari anak atau sanak keluarganya. Salah satu cara penghormatan adalah dengan mendatangi makamnya kemudian memanjatkan doa untuknya. Berikut adalah tata cara beserta doanya.

  • Mengucapkan Salam

Langkah pertama ketika telah sampai di kuburan adalah mengucapkan salam. Berikut bacaannya:

Assalamulaikum dara qaumin mu’minin wa atakum ma tu’adun ghadan mu’ajallun wa insyaallah hu bikum lahiqun.

Artinya: Assalamualaikum, tempat bersemayamnya para mukmin. Telah datang kepada kalian janji Allah yang ditangguhkan sampai besok. Dan Insyaallah kami akan menyusul kalian.

  • Membaca Istighfar

Setelah mengucapkan salam sesampainya di makam. Maka selanjutnya, Anda dapat mengambil posisi untuk segera membaca istighfar. Bacaannya adalah sebagai berikut:

Astaghfirullahhaladzim Lailahailla huwal hayyul qayyum wa atubu ilaihi.

Artinya:

Aku memohon ampunan kepada Allah yang Maha Agung. Tiada Tuhan selain Dia. Dia yang Maha Hidup dan Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertobat kepada-Nya.

  • Baca Surat Al-Fatihah

Apabila selesai beristighfar, maka selanjutnya adalah membaca surat alfatihah. Bacalah dari awal sampai akhir. Ini adalah surat pembuka dalam Al-Quran dimana pastinya Anda sudah menghafalnya.

  • Tahlil

Kegiatan selanjutnya membaca tahlil, yaitu:

Laillaha illallah

Artinya:

Tiada Tuhan Selain Allah.

  • Berdoa Ziarah Kubur

Dalam ilmu parenting islami, berziarah harus mengikuti tata caranya. Apabila telah membaca tahlil, maka berikutnya yaitu berdoa ziarah kubur. Inilah bacaannya:

Allahummaghfìrlahu war hamhu wa ‘aafìhiiwa’fu anhu, wa akrim nuzuulahu wawassì madholahu, waghsìlhu bil maa’i watssaljì walbaradì, wa naqqihi, minaddzzunubi wal khathaya kamaa yunaqqatssaubul abyadhu minad danasi.

Wabdìlhu daaran khairan min daarihi wa zaujan khairan mi zaujihi. Wa adkhilul jannata wa aidzhu min adzabil qabri wa min adzabinnaari wafsah lahu fì qabrihiwa nawwir lahu fihi.

Itu dia informasi tentang bagaimana tata cara serta doa ziarah kubur yang dapat Anda hafalkan. Dengan demikian, saat akan datang ke makam sudah mengetahuinya. Sebagai seorang muslim, melakukan ibadah satu ini termasuk hal baik karena dapat selalu mengingatkan kematian serta semakin meningkatkan keimanan kepada Allah Swt.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.