Tata Cara Sholat Idul Fitri dan Hal Penting yang Terkait           

Tata cara sholat Idul Fitri memang penting untuk diketahui semua umat Islam. Karena ketika momen 1 Syawal tiba, maka pagi harinya harus dilakukan sholat Idul Fitri di masjid atau lapangan terbuka, dan berikut ini adalah hal-hal penting yang berhubungan dengan kegiatan tersebut.

  • Pentingnya Membaca Bacaan Sholat yang Baik dan Benar

Selain itu, membaca surat pendek, alfathihah, dan doa lainnya harus diperhatikan lafal dan cara membacanya. Hal ini dilakukan agar Anda tidak keliru dan memahami arti sehingga lebih khusu melaksanakan sholatnya.

  • Mendengarkan Khutbah Adalah Sunnah

Salah satu yang terpenting dalam sholat idul fitri adalah mendengarkan khutbah yang disampaikan oleh imam. Khutbah dapat memberikan kita insight baru serta ilmu yang mungkin belum pernah diketahui.

  • Rakaat Kedua 5x Takbir

Pada rakaat kedua ini dilakukan 5 kali takbir, di sela-sela takbir membaca doa “subhanallah wal hamdulillah” lalu membaca surat Al Fatihah. Dilanjutkan dengan gerakan salat pada biasanya, yang kemudian diakhiri dengan salam.

  • Orang yang Duduk di Kursi Roda Bisa Mencoba Sholat Semampunya

Orang yang duduk di kursi roda bisa mencoba melakukan takbirotul ihrom sampai salam, seperti pada sholat normal. Tentu dengan menyesuaikan semampunya. Misalnya salam, dengan mengucapkan salam dan menoleh ke kanan lalu ke kiri, sehingga tidak ada perbedaan cara melakukannya.

  • Berangkat Lebih Pagi Agar Bersemangat

Sunnahnya adalah, hendaknya setelah selesai sholat subuh segera bersiap-siap dan berangkat lebih cepat. Sehingga ketika melaksanakan shola tied tidak perlu terburu-buru dan lebih khusyu.

Anda sebaiknya datang dan pergi di arah yang berbeda agar apabila bertemu orang berbeda bisa saling bermaafan. Karena ini adalah momen yang paling tepat.

Dalam menerapkan tata cara sholat Idul Fitri, ada banyak hal yang tidak boleh terlupakan, yaitu esensi hati yang suci dan usaha untuk memaafkan orang-orang di momen Syawal. Sehingga, setelah sholat lebih banyak kesempatan untuk bisa semakin dekat dengan keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.